RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Dosen Pembimbing :
ADI WALUYO, M.Pd.
Disusun Oleh :
ARYA APRI IRAWAN
(9184202001066)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) PGRI TULUNGAGUNG
MARET 2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : X / II
Materi Pokok : Penyelesaian Persamaan Kuadrat
Hari / Tanggal :
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Memecahkam masalah
yang berkaitan dengan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat
B.
KOMPETENSI DASAR
2.3 Menggunakan
sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
C.
INDIKATOR
- Menentukan akar-akar persamaan kuadrat
D.
ALOKASI WAKTU
1
x 20 menit
E.
TUJUAN PEMBELAJARAN
- Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan faktorisasi
- Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapi bentuk kuadrat sempurna
- Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus kuadrat (rumus abc)
F.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Penyelesaian persamaan kuadrat
G.
METODE PEMBELAJARAN
- Model : Pembelajaran Langsung
- Metode : ekspositori ( ceramah dan tanya jawab )
H.
LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 5 menit
)
1.
Motifasi dan Apresiasi
Guru
memberikan informasi tentang manfaat mempelajari materi ini.
2.
Guru menginformasikan KD,
Indikator, dan tujuan pembelajaran dari materi yang akan dipelajari.
b.
Kegiatan Inti ( 10 menit )
1.
Guru memberikan pendahuluan
tentang menentukan akar-akar
persamaan kuadrat
2.
Guru memberi contoh
langkah-langkah menyelesaikan soal dan tanya jawab
3.
Guru memberi soal untuk dikerjakan
secara individu
4.
Guru memberikan bimbingan kepada
siswa yang kesulitan
I.
SUMBER BELAJAR
1.
Buku kerja siswa, Buku matematika
kls x
J.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.
Teknik Penilaian
a.
Tes
b.
Penugasan
2.
Bentuk instrumen
a.
Uraian
3.
Instrumen Penilaian ( Terlampir )
Mengetahui, Tulungagung, 2011
Dosen Pembimbing Guru
Pengajar
ADI WALUYO, M.Pd ARYA APRI IRAWAN
NID. .............................. NIM. 9184202001066
MATERI PEMBELAJARAN
A.
MENENTUKAN
AKAR-AKAR PERSAMAAN KUADRAT
Penyelesaian persamaan kuadrat dapat
ditentukan dengan salah satu mertode berikut ini;
1.
Metode
faktorisasi (pemfaktoran)
2.
Metode
melengkapkan kuadrat
3.
Metode
rumus kuadrat (rumus abc)
·
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan metode faktorisasi
Dalam menyelesaikan persamaan
kuadrat dengan cara memfaktorakan, kita gunakan sifat factor nol, yaitu;
|
Sehingga jika (x – 2) (2x + 4) = 0
maka
x – 2
= 0 atau 2x + 4 = 0
x = 2
atau x = -2
jadi penyelesaiannya (x – 2) (2x +
4) = 0 adalah x = 2 atau x = -2
·
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat dengan melengkapkan kuadrat
sempurna
Dalam melengkapkan kuadrat sempurna
kita gunakan bentuk kuadrat sempuna sebagai berikut;
= + 2px +
= - 2px +
Dari kedua bentuk
tersebut tampak suku terakir ruas kanan,yaitu adalah setengah darim koefisien x
dikuadratkan. Sehingga untuk mengubah bentuk ± bx agar
menjadi bentuk kuadrat kuadrat sempurna maka kita perlu tambahkan setengah dari
koefisien x dikudratkan atau
Dengan demikian
|
Hal ini merupakan kunci dari
penyelesaian persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna
·
Menentukan
akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus kuadrat (rumus abc) rumus kuadrat
(rumus abc) yaitu;
=
Contoh ;
Carilah
akar persamaan kuadrat - 4x + 2 = 0 dengan rumus kuadrat (rumus abc)!
Jawab :
Dari persamaan - 4x + 2 = 0 diperoleh nilai a = 1, b = -4
,dan c = 2 sehingga;
=
=
=
=
=
=
= 2
Tidak ada komentar:
Posting Komentar